JENIS-JENIS MESIN JAHIT KONVEKSI

Ada banyak jenis mesin jahit, bagi yang berkecimpung di industri garmen atau konveksi pakaian sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis dan fungsi dari mesin jahit tersebut.

Dari cara pengoperasiannya mesin jahit terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

1.      Mesin jahit mekanik atau manual, mesin jahit manual saat pertama kali diciptakan berupa peluru berbentuk gelendong. Mesin jahit manual yang paling primitif pada awalnya hanya mampu untuk menjahit jahitan rantai. Meskipun jahitan rantai ini mampu membuat jarak jahitan kecil dan rapi, tetapi jahitan rantai memiliki kelemahan yakni jahitannya sangat mudah terurai. Agar jahitan tidak mudah terurai maka mesin jahit harus bisa menjahit dengan dua benang sejajar, dari jarum atas dan kumparan yang dibawahnya, sehingga penjahit bisa membuat jahitan kunci. Kini mesin jahit manual sudah mampu membuat jahitan zigzag, untuk mesin jahit manual high-end juga sudah mampu menjahit dengan jahitan dekoratif.

2.      Mesin jahit listrik, jenis mesin jahit ini system kerjanya adalah impulse listrik akan menembak jarum dan mengembalikannya kembali dengan gerakan yang ritmik, diimbangi juga dengan gerakan mekanik yang mendorong kain saat dijahit. Gerakan mekanik ini sebagai pengganti push dan pull seperti yang terjadi panda mesin jahit manual. Mesin jahit listrik memiliki produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin jahit manual.

3.      Mesin jahit komputer, dibandingkan dengan mesin jahit listrik, mesin jahit komputer adalah mesin jahit yang paling canggih dari semua jenis mesin jahit. Mesin jahit computer juga digerakkan oleh listrik sebagaimana mesin jahit listrik. Namun mesin jahit komputer memiliki mikroprosesor. Hal ini memungkinkan mesin jahit komputer untuk membuat pola, baik berupa jahitan dekorasi maupun menjahit border. Mesin jahit komputer sangat canggih, mesin ini akan berhenti secara otomatis bila terjadi pergantian warna sesuai dengan pola yang telah dibuat di komputer.

Berdasarkan dari fungsinya, terdapat beberapa tipe mesin jahit, seperti dibawah ini:

Mesin jahit jarum 1 atau single needle, mesin jahit ini adalah mesin yang harus dimiliki dalam dunia gamen atau konveksi pakaian. Contoh mesin jahit jarum 1: Juki DDL8300, YAMATA-FY5318-SM

Mesin jahit jarum 2 atau double needle, ada beberapa macam mesin jahit jarum 2,

    • Jarum dua standard
    • Jarum dua split
    • Jarum dua rantai
    • Contoh mesin jahit jarum 2: Yamata FY82, Pfaff 1246, Juki MH-1410D.

Mesin obras atau overlock, ini adalah mesin untuk membuat pengaman bahan kain agar tidak mudah terurai. Ada beberapa macam mesin obras, benang 3, obras benang 4, obras benang 5, obras benang 6. Contoh mesin ini: Yamata FY747A.

Mesin pasang kancing, ada dua jenis mesin pasang kancing yaitu pasang kancing chainstitch dan pasang kancing lockstitch. Contoh mesin ini: Juki 372, Juki 373, Brother 913, 915 dan 917.

Mesin lubang kancing, merupakan salah satu mesin special di sector produksi garmen dan konveksi. Teknologi mesin lubang kancing JUKI adalah Computer controlled dan Bastingstitch system. Jahitan yang bisa mempertahankan bentuk lubang kancing selalu konstan adalah, active tension dan option long pressure foot. Contoh mesin ini: Juki LH-980.

Mesin zigzag, Mesin jahit yang menghasilkan jahitan zigzag. Ada dua jenis yakni, zigzag 2 step dan zigzag 3 step. Contoh mesin ini: Singer 1910, Singer 20U73.

This entry was posted in 11 Artikel Konveksi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to JENIS-JENIS MESIN JAHIT KONVEKSI

  1. arifu says:

    ada rencana buka konveksi. tp mesin jahit masih cari mau second apa baru msh di pikir..mungkin bisa bantu…?

    • wayan karta says:

      sy pingn mesin jahit kaos tp susah sekali carinya,sy tnggl di mataram ,apa ada agennya yg jual mesin di matarm, tanks.

Comments are closed.